Hati Saya Terus Bersemi, Meskipun Pandemi Corona

Bapak Muji Slamet, 55, adalah seorang petani pekerja keras yang tinggal di desa pegunungan Tembangan di Kabupaten Getasan, Jawa Tengah, Indonesia. Dia dan istrinya menjalankan peternakan dengan enam ekor sapi dan tanaman hias. Selama ini mereka mengandalkan LPG untuk memasak, yang merupakan salah satu perjuangan utama dalam rumah tangga mereka. Tapi, itu sekarang adalah sejarah. Sesuatu yang sangat mereka syukuri, terutama mengingat pandemi Covid-19 saat ini.

Perjuangan untuk LPG

Pak dan Ibu Slamet biasa membeli empat tabung, masing-masing 3kg LPG, setiap bulannya. Dengan harga LPG yang berfluktuasi tetapi secara konstan naik, dan ketidakpastian tentang pasokan LPG di pasar, hal ini menjadi praktik yang tidak praktis. Hal ini, bersamaan dengan kesulitan membuang kotoran ternak dari sapinya dalam jumlah besar, Tuan Slamet memutuskan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan tabungannya. Pak Slamet berinvestasi di biogas.

Bapak Slamet pertama kali mengetahui tentang biogas dari Yayasan Sion, salah satu organisasi mitra konstruksi (CPO) Program Biogas Rumah (BIRU). Bapak Slamet terkesan dengan kemungkinan biogas dan bertekad untuk membangun digester biogas berukuran 6m3, yang juga dibangun oleh Yayasan Sion, pada tahun 2012.

Bunga hias

Tuan Slamet mengeluarkan biaya sebesar Rp8.000.000,- untuk instalasi biogas, suatu pengeluaran yang tidak pernah dia sesali. Pak Slamet tidak pernah membeli elpiji lagi. Selain itu, limbah biogas terbukti dapat menghasilkan bio-slurry yang merupakan pupuk unggulan bagi tanaman hias Bu Slamet. Dia telah berhasil membuat pembibitan tanaman dengan mencampurkan bio-slurry kering dengan sekam dan tanah yang memberikan nutrisi tanaman yang tepat, penting dalam meningkatkan produksi tanaman florikultura. Anggrek, janda lebar, mawar, melati, dan berbagai jenis bunga lainnya tumbuh dengan sempurna. Bio-slurry membuat tanaman lebih sehat dan meningkatkan kualitas bunganya.

Pameran Bunga Hias Bu Slamet
Pameran Bunga Hias Bu Slamet

Karena hasil panen yang meningkat, usaha Ibu Slamet menjual tanaman semakin meningkat. Untuk memajang produk cantiknya, keluarga membuka outlet dengan tanaman hias di depan rumahnya. Itu selalu diisi dengan pelanggan. Dan pada akhir pekan banyak penjualan yang dikirim ke kota-kota lain seperti Kudus, Semarang, Pekalongan, dan sekitarnya. Dia bisa menghasilkan hingga Rp3.000.000,- per hari di akhir pekan dari penjualan.

Jadi, terlepas dari pandemi Covid-19 yang menyebabkan kemerosotan ekonomi bagi banyak petani tetangga, Bapak dan Ibu Slamet dalam keadaan baik-baik saja. Bio-slurry membantu bisnis keluarga untuk bertahan dan mereka menceritakan “hati kami terus bersemi, bahkan saat krisis korona karena bio-slurry”.

25 November 2020