PROGRAM KEMITRAAN

Tentang Program Kemitraan BIRU

Dalam menjalankan program BIRU dari tahun 2013-2019, Yayasan Rumah Energi (YRE) telah berhasil untuk membangun kelompok-kelompok mitra kerja yang bertugas sebagai tenaga ahli, pemetaan potensi pengguna, peningkatan kapasitas CPO (Construction Partner Organisation), memfasilitasi kredit, dan tim untuk memonitor kualitas biogas.

Program kemitraan BIRU ini bertujuan untuk memberikan akses kepada calon pengguna. Selain itu secara tidak langsung juga menyumbang upaya untuk kesejahteraan ekonomi terhadap calon pengguna, mengingat keuntungan teknologi biogas yang sangat banyak. Keuntungan dari segi lingkungan pun mampu terwujud. Misalnya dengan penggunaan biogas, maka turut menyumbang dalam pengurangan gas emisi karbon yang berpengaruh kepada perubahan iklim.

Selain berfokus kepada proses pembangunan dan perawatan, program kemitraan BIRU ini juga turut membantu dalam penciptaan pasar biogas. Mengingat, pengguna teknologi biogas juga mampu menghasilkan potensi pemasukan dari bio-slurry. Oleh sebab itu, program kemitraan BIRU ini juga membantu untuk menciptakan pasar biogas agar pengguna dan pemain mampu berkembang.