Organisasi Mitra Konstruksi (CPO)

7 Januari 2020

Oleh: Janosch Ludwig

Rumah Energi telah ada di 10 provinsi di Indonesia dengan bekerja sama dengan lebih dari 50 CPO. Kapal relasi ini sangat penting untuk Rumah Energi dan sampai sekarang mitra dalam permintaan. Jika Rumah Energi mendapatkan kontrak dari petani atau pemerintah mereka mengelola tugas penugasan kepada CPO. Bertanggung jawab untuk pembangunan sekarang adalah CPO yang dipilih.

Cara Menjadi CPO

Pertama-tama semua orang yang mau, mampu menjadi CPO. Rumah Energi menerima pertanyaan dari potensi CPO. Dengan demikian Rumah Energi harus memeriksa apakah mereka bisa menjadi CPO di masa depan.

Tuntutan untuk menjadi CPO:
1) setidaknya memiliki lima tukang dengan pengalaman dalam konstruksi
2) satu penyelia/supervisor
3) Memiliki setidak modal senilai Rp20.000.000,-
4) memiliki sertifikat hukum sebagai institusi / organisasi
5) memiliki Rekening bank
6) memiliki rencana bisnis

Seandainya CPO memenuhi ketiga tuntutan ini, maka Rumah Energi menyelenggarakan pelatihan untuk tim CPO.

Pelatihan dari Rumah Energi


Sebelum CPO dapat memulai kegiatan dalam konstruksi biodigester, CPO membutuhkan pelatihan “sambil bekerja”. Pelatihan “bekerja” berarti tim CPO membangun tujuh hari biodigester biasa di lapangan. CPO di lapangan turut mencari untuk pengguna potensial yang ingin menginstal biodigester. Jika CPO mendapatkan kontrak untuk membangun maka pelatihan tujuh hari dengan instruksi dari seorang karyawan Rumah Energi. Tukang mendapat pelatihan untuk instalasi biogas yang didasarkan pada buku: “Model Instalasi, Rumah Biogas Indonesia, Panduan Konstruksi, Reaktor Biogas Kotoran Ternak”, “Model Instalasi, biogas rumah Indonesia, panduan konstruksi, reaktor biogas limbah ternak”. Juga hanya pengawas yang mendapatkan pelatihan: “bagaimana melakukan pelatihan pengguna”.

Setelah tujuh hari pelatihan “satu pekerjaan”, CPO dapat mulai bertindak dan membangun banyak biodigester di masa depan. Di samping perusahaan konstruksi dapat menyelenggarakan acara informasi biogas dalam sosialisasi kepada kelompok tani atau di desa. Peristiwa ini penting untuk mempromosikan biogas dan mendapatkan pelanggan baru untuk kontrak lebih banyak. Orang-orang mengunjungi acara ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang: program BIRU, pembangunan biodigester, penggunaan pupuk, subsidi, dll. Semakin baik CPO menjelaskan semuanya, semakin mudah untuk menyebarkan biogas kepada masyarakat.

Tugas

CPO mendapatkan tugas dari Rumah Energi atau langsung dari pelanggan untuk melaksanakan pesanan ini untuk membangun biodigester. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan CPO:

1) Membuat janji dengan pelanggan untuk pertemuan pertama.
2) Pada pertemuan pertama, CPO mengunjungi rumah dan membuat rencana / permukaan: di mana harus dibangun biodigester, seberapa besar konstruksinya, berapa banyak anggota keluarga yang tinggal dalam rumah tangga, berapa banyak hewan (jenis binatang), kapan apakah konstruksi dimulai? CPO juga harus membawa daftar dengan semua bahan dan jumlah standar yang dibutuhkan CPO untuk konstruksi. CPO membahas siapa yang ingin membeli kontribusi yang mana? Sebagian besar CPO membeli semua bahan tetapi jika pelanggan ingin membeli sendiri bahan-bahan itu tidak masalah.
3) “Dokumen pra-konstruksi”. Dengan semua informasi ini, CPO dapat membuat dokumen dengan nomor ID dan membiarkan pelanggan menandatanganinya. CPO dapat mengunduh versi khusus aplikasi “kobo” di app store. “Kobo” memudahkan CPO untuk membagikan informasi mereka, karena terhubung dengan kantor pusat Rumah Energi di Jakarta. Juga CPO mengirim “dokumen pra-konstruksi” ke Rumah Energi.
4) Pengguna membayar harga penuh biodigester ke CPO.
5) CPO mulai membangun biodigester setelah semua bahan berada di lokasi.
6) Setelah konstruksi selesai, CPO mengirim laporan penyelesaian dengan “kobo”.
7) Seorang karyawan kontrol kualitas dari Rumah Energi akan memeriksa supervisor dan juga kualitas konstruksi.
8) Apakah semuanya benar maka CPO mendapatkan 1.000.000 Rp. dari Rumah Energi sebagai subsidi dan Rp 1.000.000 lainnya. pergi ke pelanggan sebagai subsidi dari Rumah Energi juga.
9) Pelatihan pengguna dari CPO setelah menyelesaikan konstruksi. Waktu ideal adalah tiga bulan karena dengan demikian seharusnya gas pertama dalam digester diproduksi.

Pelatihan Pengguna
Pelatihan pengguna diberikan dari pengawas dan dibangun di atas dua buku penting di mana semuanya dengan mudah dan menggambarkan cara menggambarkan:


”Pedoman, Pengguna & Pengawas, Pengelolaan dan Pemanfaatan Bio-slurry”. “Pedoman, pengguna & Pengawasan, manajemen dan pemanfaatan Bio-slurry”
Instruksi untuk Bio-slurry: bahan apa, gunakan untuk apa, cara membawanya di lapangan, produksi pupuk untuk dijual, dll.

”Pedoman, Pengguna, Pemakian & Pemeliharaan Instalasi Biogas Rumah, Masalah Pemakian & Pemeliharaan Umum, Jaminan dan Layanan Pasca Jual”.
“Pedoman, pengguna, pengguna & perawatan instalasi Home Biogas, masalah pengguna & perawatan umum, garansi dan layanan purnajual”

Instruksi: cara menggunakan biodigester dengan cara yang tepat, solusi untuk masalah, tepatnya konstruksi dari semua peralatan dll.

Share this: