Daur Ulang Sampah Dapur Menjadi Energi dengan Biomiru

Kementrian Lingkungan Hidup mencatat pada tahun 2019 volume sampah yang dihasilkan penduduk Indonesia mencapai 67 juta ton. 60 % dari sampah yang dihasilkan merupakan sampah organik yang masih bisa didaur ulang. Rumah Energi melalui program Biogas Rumah, memperkenalkan produk terbaru yang diyakini dapat memberikan solusi pemanfaatan sampah organik, khususnya limbah rumah tangga menjadi sumber energi berupa biogas. Dengan prinsip dari dapur kembali ke dapur, Rumah Energi memperkenalkan Biomiru atau Biogas Mini Rumahan, sebagai sebuah sistem daur ulang sampah organik rumah tangga menjadi biogas yang mampu menggantikan peran gas LPG yang harganya semakin mahal.

Berbeda dengan instalasi Biogas Rumah atau Biru yang telah diperkenalkan sejak tahun 2009 dengan konstruksi beton (fixed dome) dan membutuhkan lahan yang cukup luas, instalasi Biomiru terbilang cukup sederhana. Biomiru hanya membutuhkan lahan seluas 2,5 meter hingga 3 meter persegi, sehingga sangat cocok untuk lingkungan perumahan dengan luas lahan minimalis. Dengan memanfaatkan profile tank atau tandon air berbahan fiber sebagai digester dan pipa pvc sebagai tampungan gas, maka pengguna Biomiru tak perlu lagi membeli gas LPG seumur hidup!

Sebuah instalasi Biomiru dengan kapasitas digester 600 liter, dapat menghasilkan biogas untuk memasak selama 1 – 3 jam/ hari. Bagaimana cara mendaur ulang sampah dapur dan mengembalikannya lagi ke dapur dalam bentuk biogas? Caranya sangat mudah, cukup dengan memilah sampah organik rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran dan buah-buahan yang sudah tidak layak dikonsumsi dan memasukkannya ke dalam digester.

Namun pada tahap awal pemakaian harus ditambahkan limbah kotoran ternak sapi untuk mempercepat proses pembentukan biogas di dalam digester. Selanjutnya, pengguna cukup mengulang proses feeding atau memasukkan sampah organik ke dalam digester secara rutin setiap hari.

Instalasi Biomiru terbilang murah dan ekonomis dengan hasil maksimal. Pengguna Biomiru cukup berinvestasi sebesar Rp. 4 juta dan akan mendapatkan pelatihan penggunaan dan perawatan Biomiru, buku panduan yang dilengkapi kartu garansi dan 1 unit kompor Biomiru. Garansi instalasi Biomiru berlaku selama 2 tahun sedangkan garansi apliansi diberikan untuk 1 tahun.

Dengan memiliki Biomiru, pengguna tidak hanya mendapatkan gas gratis seumur hidup namun juga turut berkontribusi mengurangi produksi sampah. Syaratnya mudah, pengguna Biomiru cukup memiliki komitmen untuk memilah sampah organik dan memasukkannya ke dalam digester setiap hari.

Biomiru, daur ulang sampahmu, sediakan sendiri energimu!

14 Mei 2019