Bupati Pinrang Raih Penghargaan Ini dari Hivos dan Yayasan Rumah Energi

makassar.tribunnews.com – Bupati Pinrang, Andi Aslam Patonangi memperoleh penghargaan dari Hivos dan Yayasan Rumah energi dalam pengembangan program Biogas Rumah (BIRU).

Penerimaan penghargaan itu diwakili Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Pinrang, Muh Idris di Makassar, Rabu (4/4/2018).

“Pemerintah Kabupaten Pinrang dianggap telah memberi dukungan terhadap pengembangan energi baru dan terbarukan berupa biogas,” tuturnya dalam rilis yang diterima TribunPinrang.com.

Menurut Idris, biogas mampu mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi konvensional yang selama ini dikenal, pembangunan reaktor biogas juga bernilai ekonomis dan mampu menyerap tenaga kerja.

“Dampak positif seperti inilah yang diharapkan mampu dikembangkan oleh daerah sehingga ketergantungan akan sumber energi konvensional dapat dikurangi,” katanya.

Apalagi, lanjut Idris, masyarakat pedesaan banyak menggunakan bahan baku reaktor biogas, khususnya di Kabupaten Pinrang.

“Penerapan energi baru dan terbarukan dapat ditemui di beberapa kecamatan di Pinrang. Ada yang memanfaatkan kotoran ternak, dengan mengolah limbah untuk menghasilkan gas yang dipakai sebagai pengganti LPG untuk keperluan sehari-hari,” jelasnya.(*)

(Sumber: http://makassar.tribunnews.com/2018/04/04/bupati-pinrang-raih-penghargaan-dari-hivos-dan-yayasan-rumah-energi)

4 April 2018