Kades Malimongan Fokus Sejahterakan Warganya

3 Februari 2018

tuntasonline.com – Peningkatan kesejahteraan dan pendapatan petani menjadi fokus utama Kepala Desa Malimongan, Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Yohan Taruk. Hal ini juga menjadi salah satu target pembangunan pertanian saat ini.

“Sisi pendapatan petani merupakan sisi yang terkait secara langsung dengan tugas pokok dan fungsi Kepala Desa. Dalam kerangka peningkatan kesejahteraan petani, prioritas utama adalah meningkatkan pendapatan petani, dengan membangun desanya melalui Dana ADD dengan membuat jembatan gantung, jalan tani, rabat beton, turap Sungai Kariango, drainase, pengadaan pipa pertanian/pengairan di setiap sawah petani, saluran air bersih di tiga dusun yakni Dusun Kariango, Se’pon dan Burasse dengan jumlah jiwa 1.108 orang,” urai Yohan Taruk.

Lanjut Kepala Desa Malimongan juga berencana akan membicarakan dengan para pengurus Kekompok Tani atau Gapoktan untuk membuat proposal ke Dinas Lingkungan Hidup untuk pembuatan Biogas Rumah (BIRU), untuk ternak kerbau di desa kami. Ketika ditanya bagaimana resepnya sehingga bisa menggerakkan partisipasi masyarakat dalam membangun Desa Makimongan? Yohan Taruk mengaku tidak pandang bulu. Siapapun warga yang menbutuhkannya,ia selalu siap memberikan pelayanan.

Dengan pendekatan secara individu sangat mempan dan tersentuh, “warga harus sering didatangi dan disapa,” ujarnya. Lanjut Yohan panggilan akrabnya mengatakan, “….. yang saya juga andalkan adalah pendekatan kekeluargaan kepada warganya, sekecil apapun bantuan dikucurkan desa senantiasa dinikmati warga tanpa kecuali.â€� (gidiob/jus)

(Sumber: https://www.tuntasonline.com/2018/02/03/kades-malimongan-fokus-sejahterakan-warganya)

Share this: