Kampung Green Energy Mendapat Kunjungan dari Belanda

25 Februari 2017

pendua-lombokutara.desa.id – Pendua, (SID). Dusun Sentul Asli di Sandang sebagai Kampung Green Energy karena penduduknya menggunakan biogas sebagai sumber energi khusususya untuk kebutuhan memasak. Tidak hanya dalam bentuk biogas, terdapat ampas biogas (bio-slurry) yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan juga sebagai pupuk kembang aiq atau tumbuhan lemna (duckweed). Lemna merupakan sumber pakan ikan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Saat ini warga Dusun Sentul Asli tengah mengembangkan tumbuhan lemna sebagai pakan ikan. Hal tersebut yang membuat Adrie van der Werf dan Janeke Eldersan (Belanda) datang mengunjungi Kampung Green Energy tersebut untuk monitoring budidaya tumbuhan lemna sebagai pakan ikan.

Kunjungannya tesebut untuk melihat langsung perkembangan tumbuhan lemna di lapangan sekaligus untuk mengetahui proses pemupukan tumbuhan lemna dari ampas biogas.

Kesuksesan Dusun Sentul Asli dalam memanfaatkan biogas sebagai sumber energi dan ampas biogas (bio-slurry) sebagai pupuk organik dan pakan ikan, tidak telepas dari bimbingan Hivos dan Yayasan Rumah Energi (YRE) NTB yang terus membimbing dan memberikan pelatihan kepada warga.

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Adrie Van Der Werf dan Janeke Eldersan (Wageningen University Netherland), Puput (Hivos Jakarta), Ir. Uhud (Dosen Peternakan Unram), dan Alamsyah beserta M. Ihsan (YRE).

Sumber: http://pendua-lombokutara.desa.id/index.php/first/artikel/195-Kampung-Green-Energy-mendapat-kunjungan-dari-Belanda

Share this: