Berbagai Manfaat Biogas Rumah

2 Mei 2016

Setelah mendengar adanya Program Biogas Rumah (BIRU), Bernadus Misa merasa tertarik untuk ikut dalam program tersebut. Ia bersama keluarganya tinggal di Laikakang, Desa Kambuhapang, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Bernadus Misa awalnya merasa kurang yakin untuk bergabung dalam Program Biru, mengingat ia hanya memiliki satu ekor babi dan tinggal di daerah yang sumber airnya sangat terbatas. Namun, dengan keteguhan hatinya ia berhasil meyakinkan Yayasan Rumah Energi untuk membantunya membangun satu unit reaktor biogas rumah dengan kapasitas 4 meter kubik. Pada akhirnya di bulan November 2013, reaktor biogas miliknya berhasil dibangun.

Tetapi, tidak serta merta ia bisa langsung menggunakannya karena asupan kotoran hewan yang ia miliki tidak mencukupi kebutuhan kapasitas reaktor. Ia kemudian mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan mencampurkan kotoran hewan dan kotoran manusia.

Selain itu, ia juga harus melatih keempat orang anaknya untuk membiasakan tidak memasukkan material lain ke dalam septic tank. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu mikroba yang berguna dalam proses kimiawi di dalam reaktor.

Bernadus Misa tidak hanya memanfaatkan biogas untuk keperluan keluarga sehari-hari, tetapi ia juga mendapatkan keuntungan dari bio-slurry (ampas biogas). Bersama dengan istrinya, ia memanfaatkan bio-slurry untuk dijadikan pupuk. Bio-slurry hasil olahannya tidak hanya digunakan untuk kebutuhanya sendiri. Saat ini, ia juga menjualnya kepada masyarakat sekitar Lewa dan memasarkannya hingga meluas ke wilayah Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya.

Tidak hanya bio-slurry sebagai pupuk yang ia coba kembangkan, ia kemudian mulai membudidayakan lemna (duckweed) setelah diperkenalkan dan diberi bibit oleh Organic Farming Officer (OFO). Karena keterbatasan sarana, lemna ditampung dengan menggunakan media terpal. Dengan cara tersebut, ia dapat mengembangkan budi daya lemna dan memanfaatkannya sebagai pakan ternak ayam dan babi. Campuran lemna dan dedak yang diberikan terutama kepada ternak babi dapat menghasilkan tumbuh kembang ternak yang sehat.

Bernadus Misa dan keluarga telah merasakan keseluruhan manfaat dan keuntungan yang ia peroleh dari Program Biogas Rumah (BIRU).

Share this: