Program BIRU Menyapa Banten

11 Mei 2015

BPS Banten mencatat pada 2012 populasi ternak di provinsi ini mencapai 1.570.413, terdiri dari sapi, kerbau, kambing dan babi. Potensi ini telah menggiring program BIRU untuk melebarkan area kerjanya di Provinsi Banten dan memilih PINBUK Banten sebagai salah satu mitra pembangun (CPO). Pimpinan PINBUK Banten, Moeljadi, mengatakan, “Banten memiliki potensi besar untuk program ini (BIRU), kami perlu memfasilitasi masyarakat peternak yang ada di Banten untuk bisa mengakses pembangunan reaktor biogas.”

Selain potensi peternakan, jumlah pondok pesantren di Banten juga menjadi alasan bagi program BIRU untuk mempromosikan teknologi ramah lingkungan di provinsi yang resmi lahir pada tahun 2000 ini. Kebanyakan pondok pesantren ini menghadapi masalah dalam pengelolaan limbah manusia. “Dengan adanya biogas harapannya bisa mengurangi biaya untuk operasional dapur umum di pondok pesantren, minimal nanti bisa mengurangi penggunaan LPG untuk masak kebutuhan santri,” tambah Moeljadi.

Sebagai langkah awal, sebanyak 10 orang tukang dan pengawas yang disiapkan oleh PINBUK Banten telah mendapatkan pelatihan konstruksi biogas dari BIRU pada 3-10 Februari 2015. Paska pelatihan, mereka langsung melakukan sosialisasi dan promosi program BIRU di Kabupaten Lebak, Serang dan Pandeglang, serta mendata calon pengguna BIRU untuk segera ditindaklanjuti. (Sholahuddin)

Share this: