Indo-EBTKE Conex 2014: Time to Deliver Clean Energy for the Nation

6 Juni 2014

The Indonesia EBTKE Conex kembali digelar tahun ini. Acara tahunan yang pertama kali diadakan pada 2012 ini digagas Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementersian ESDM bersama Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI). Bertema “Time to Deliver Clean Energy for the Nation”, acara yang diadakan di Jakarta Convention Center selama 3 hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden, Boediono, Rabu (4/6/14).

Boediono mengatakan, energi terbarukan dan konservasi energi merupakan jaminan bagi Indonesia untuk mandiri dalam kebutuhan energi. Dengan angka pertumbuhan konsumsi energi per tahunnya yang rata-rata 7%, pasokan energi berbahan fosil dipastikan semakin terbatas. Untuk menghindari ketergantungan yang terlalu tinggi terhadap energi berbahan fosil ini, Pemerintah Indonesia merencanakan penggunaan sumber energi terbarukan berskala besar untuk memenuhi kebutuhan energi pada tahun 2025.

Sejak penyelenggaraan pertama, Indo-EBTKE Conex diposisikan sebagai salah satu sektor yang menentukan di antara kegiatan serupa di tanah air untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencari peserta aktif dalam pengeksplorasian solusi atas masalah-masalah energi yang sedang dihadapi.

Kesadaran bahwa energi terbarukan dan konservasi energi itu penting dalam membantu mengurangi permasalahan terkait energi, baru belakangan ini meluas meskipun dampak positif dari energi terbarukan dan konservasi energi tersebut sudah lama dirasakan. Namun demikian, kesadaran masyarakat masih rendah untuk menggunakan energi terbarukan alih-alih energi berbahan fosil. Di sisi lain, Indonesia diberkahi potensi energi terbarukan yang berlimpah, menunggu untuk dimanfaatkan.

Untuk mendukung peningkatan kesadaran masyarakat ini, program BIRU pun turut berpartisipasi aktif dalam Indonesia EBTKE Conex 2014. Bersama program Sumba Iconic Island (SII), BIRU menempatkan diri di salah satu sudut pameran dan membagikan informasi tentang pelaksanaan program BIRU dan SII serta teknologi yang dikembangkan sebagai sumber energi terbarukan. Para pengunjung tidak hanya bisa mengajukan pertanyaan, namun juga mendapatkan merchandise yang telah disediakan bagi mereka yang tertarik untuk mengikuti games di booth tersebut.

Share this: