Laporan Final BIRU: 11.000 Unit di 9 Provinsi

4 Mei 2014

Laporan Final the Indonesia Domestic Biogas Programme (IDBP) atau Program BIRU telah dipublikasikan dan dapat diunduh. Program yang diinisasi oleh Kedutaan Besar Kerajaan Belanda dan dilaksanakan oleh Hivos dan Yayasan Rumah Energi dengan dukungan teknis dari SNV ini dimulai pada 15 Mei 2009 dan dilaksanakan berdasar Kerjasama dengan Kedutaan Besar Belanda hingga 31 Desember 2013 serta didukung oleh Direktorat Bioenergi, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Tahap pertama dari pelaksanaan program BIRU ini telah membangun 11.249 unit biodigester di 9 provinsi di Indonesia, yaitu Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Sumba). Dengan area kerja di 568 kecamatan yang tersebar di 103 kabupaten, program ini telah memberikan manfaat bagi 56.245 orang perempuan, laki-laki dan anak-anak di Indonesia. Total subsidi yang dikeluarkan oleh program ini untuk para pengguna adalah sebanyak 1.562.561 euro atau kira-kira 139 euro untuk satu digester. Enam puluh persen dari pengguna (6.370) menggunakan kredit dengan jumlah total mencapai 2.242.238 euro plus kredit pembiayaan sebesar kurang lebih 6.500 euro.

Selain dari Kedutaan Besar Kerajaan Belanda,  program BIRU juga mendapatkan bantuan pendanaan dari lembaga-lembaga lain seperti Op Eigen Wieken, Bank BNI, Sawadee, Kedutaan Besar Norwegia, serta program ENDEV (Energizing Development), yang dilaksanakan oleh GIZ  dan didanai oleh Pemerintah Jerman, Belanda, Norwegia,  Australia, Inggris dan Swiss.

Keberhasilan dari progrm BIRU tidak dapat dilepaskan dari dukungan 867 pekerja bangunan yang terlatih dan bersertifikat serta 163 supervisor. Hingga akhir 2013, sebanyak 52 lembaga dan 9 kelompok pekerja bangunan independen yang menjadi mitra pembangun bekerja sama untuk memperluas penggunaan biogas rumah sebagai sumber energi lokal dan terbarukan melalui pengembangan sektor pasar komersial di Indonesia.

Anda dapat mengunduh Laporan tersebut di tautan berikut. Jika tautan tidak berfungsi, silakan mengirimkan email permintaan melalui [email protected]

Share this: