PEMANFAATAN LIMBAH: Biogas Bantu Pupuk Petani

8 Maret 2013

balibisnis.com - Yayasan Rumah Energi (YRE) Bali memanfaatkan kembali ampas dari sisa proses biogas menjadi pupuk organik guna membantu petani lokal berhemat.

Gede Suarja, Koordinator Pengembangan Biogas Rumah (Biru) YRE Bali, mengatakan ampas biogas yang diubah menjadi pupuk organik dapat membantu petani lokal berhemat agar dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

“Adanya pupuk organik, dapat menghapuskan ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan pupuk non-organik yang mahal. Para petani mengaku produksinya semakin meningkat dan tanah menjadi subur,� paparnya.

Menurutnya pupuk organik ini sudah berhasil digunakan pada produk petani di Klungkung, yang kebetulan memiliki peternakan dan menggunakan reaktor biogas. Adanya proyek ini bisa dikatakan tujuan untuk mewujudkan kemandirian pangan dapat terwujud.

Dari pemanfaatan tersebut, lanjutnya, berimplikasi positif pada minat masyarakat untuk menggunakan reaktor biogas. YRE mencatat hingga Februari kemarin ada 12 unit reaktor biogas.

“Reaktor biogas tersebut sudah dipasang di Klungkung, Bangli dan Karangasem yang digunakan masyarakat untuk mengakomodasi kebutuhan gas dan penerangan di rumah mereka,� ujarnya.

Suarja yakin pemanfaatan ampas biogas ini dinilai sangat efektif, karena mengandalkan skala rumah tangga. Hasil dan manfaatnya bisa langsung dinikmati dalam rumah tangga baik bagi peternak dan petani yang menggunakan reaktor biogas tersebut.(ems)

Share this: