Pelatihan Tukang dan Supervisor, Lombok, 09 – 16 Mei 2011

2 Mei 2011

Program BIRU (Biogas Rumah) akan melakukan pelatihan bagi para tukang dan supervisor para mitra konstruksi di Lombok. Pelatihan dilakukan selama tujuh hari, mulai tanggal 09 Mei s/d 16 Mei 2011 di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.

Setelah mendapat pelatihan, para peserta diharap mendapatkan pengetahuan dan keahlian teknis� yang tepat untuk membangun reaktor biogas sesuai dengan standar dan memiliki pemahaman standar mutu untuk pengawasan yang di miliki program BIRU. Selama pelatihan, satu unit reaktor biogas rumah akan dibangun yang juga berfungsi sebagai sarana promosi untuk pengembangan BIRU di Lombok Barat bagian utara.

Pelatihan ini akan diikuti oleh 23 orang terdiri atas 18 orang calon tukang dan 5 orang calon supervisor, dari YSDM (Mataram), KPRI Prisma (Lombok Barat), YM3S (Lombok Timur), dan YSLPP (Lombok Barat).

Program BIRU di Lombok dimulai bulan Agustus 2010 dengan melibatkan tiga mitra konstruksi (CPO) yaitu PSP-NTB, YM3S dan YSLPP. Hingga akhir April 2011, BIR telah melatih 31 tukang dan 9 supervisor dan membangun 98 unit reaktor biogas yang tersebar di wilayah Lombok Barat (10 unit), Lombok Tengah (62 unit), Lombok Timur (24 unit) dan Lombok Utara (2 unit). Target BIRU Lombok sampai dengan akhir tahun 2011 adalah terbangun reactor biogas sebanyak 375 unit.

Share this: