Membirukan Sukoharjo

10 Maret 2011

Dinas ESDM Sukoharjo dan BIRU mengadakan sosialisasi bertemakan “Dengan Biogas Rumah Kita Kembangkan Energi Baru Terbarukan Dalam Rangka Pengendalian Dampak Pemanasan Global”. Kegiatan yang didanai sepenuhnya oleh dinas PU Kabupaten Sukoharjo ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu, 27 Februari 2011 dan Senin, 28 Februari 2011, dan meliputi sembilan kecamatan di Kabupaten Sukoharjo.

“Melaui kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan potensi kotoran yang cukup besar di Sukoharjo” ujar Bapak Giyanto selaku Penanggung Jawab ESDM Bagian Energi.� Sosialisasi dihadiri oleh 72 peserta yang merupakan perwakilan pemerintah dan kelompok ternak. Acara ini diikuti juga oleh dua mitra pembangun BIRU Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan atau LPTP dan CV. Utama Graha.

Sukoharjo saat ini sudah memiliki demplot BIRU yang juga berfungsi sebagai alat promosi. ”Demplot reaktor BIRU Desa Sidorejo, Bendosari, Sukoharjo” ungkap Bapak� Bambang Irawan selaku staff bagian energi ESDM Kabupaten Sukoharjo.

“Pemerintah Sukoharjo sangat mendukung program BIRU dan diharapkan kerjasama ini bisa semakin ditingkatkan” ujar Bapak Willhelmus Leang , Koordinator Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Di asa mendatang, sosialiasi akan terus dilakukan dalam upaya program BIRU upaya ”membirukan Sukoharjo”.

Hingga saat ini, 145 unit biogas rumah sudah terbangun di provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Pembangunan dilakukan oleh tujuh mitra BIRU yaitu LPTP, KUD Mojosongo, Qariyah Thayyibah, SPTN HPS, Yayasan Paluma, Postra, dan CV. Utama Graha.

(MR/BPO DIY Jateng)

Share this: