SAE Pujon Malang siap bangun 2.000 reaktor BIRU

19 Oktober 2010

Koperasi SAE Pujon, kabupaten Malang siap membangun 2.000 unit reaktor BIRU sampai tahun 2012. Hal ini ditegaskan oleh Manager koperasi SAE Pujon Supriyono saat menemui tim dari Kementerian Luar Negeri Kerajaan Belanda yang datang berkunjung hari Sabtu, 2 oktober 2010 lalu. Lebih lanjut Supriyono menambahkan bahwa minat anggota SAE Pujon untuk menggunakan biogas sangat besar, karena biogas bagi mereka bukanlah hal yang baru. SAE Pujon sendiri mulai mengembangkan biogas sejak tahun 1982.

`Tiga ta3 tahun terakhir ini kami membuat program biogas dengan skema pembiayaan 50-50. 50%� dibayar tunai oleh anggota dan 50% sisanya kredit ke koperasi tanpa bunga. Koperasi sendiri memperoleh dana pengembangan biogas itu berupa pinjaman dari pihak ketiga, juga tanpa bunga. Dengan cara ini saja kami bisa membangun 150 unit reaktor biogas (bata semen model gentong/ellips),` kata Supriyono.

Saat SAE Pujon bermitra dengan HIVOS dan program BIRU, dimana dalam skema pembiayaan ada subsidi Rp. 2 juta per unit dan dukungan pihak ketiga berupa kredit tanpa bunga selama 2 tahun,� minat anggota yang ingin memiliki biogas pun melonjak tinggi. Lanjut Supriyanto, `dengan dukungan dari Program BIRU berupa pelatihan untuk tukang, pelatihan untuk pengguna biogas, inspeksi kualitas, pelatihan pemanfaatan ampas biogas dan jaminan garansi selama 3 tahun, kami harapkan rencana ini bisa berjalan baik.`

Dalam 4 bulan terakhir ini SAE Pujon sudah membangun 193 unit BIRU dan 138 unit di antaranya sudah menyala dengan baik. Dengan jumlah peternak anggota sebanyak 7000 orang, SAE Pujon sangat optimis sekali dengan rencana pengembangan biogas mereka. Di Dusun Sebaluh, Desa Pandesari, misalnya, saat ini sudah 50 keluarga yang memiliki reaktor BIRU. Permintaan dari warga di dusun tersebut terus meningkat, tetapi prioritas SAE Pujon saat ini adalah membangun biogas di desa lain, demi azas pemerataan akses terhadap energi baru terbarukan untuk para anggotanya.

Sae pujon saat ini memiliki 31 pos penampungan susu. Baru lima dari 31 pos penampungan yang sudah memiliki reaktor biogas. SAE Pujon pun berencana membangun reaktor biogas di 26 pos susu lainnya, sesuai dengan azas pemerataan tersebut.(hbn/bpo-mlg)

Share this: