Kewalahan, KPSP Setia Kawan dan KAN Jabung Tambah Tukang

6 September 2010
Pelatihan gabungan para tukang KAN Jabung dan KPSP Setia Kawan di Nongkojajar, Jatim.

Kewalahan semakin membludaknya peminat biogas membuat 2 koperasi mitra BIRU di Jawa Timur yaitu KPSP Setia Kawan, Pasuruan dan Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, Malang, memutuskan secepatnya menambah tukang agar bisa membangun lebih banyak biogas dalam satu bulan. Pada awal Agustus lalu, kedua koperasi tersebut mengajukan rencana penambahan tukang kepada BIRU Jatim untuk segera dilatih. Hal ini langsung direspon cepat oleh Wasis Sasmito selaku Koordinator Propinsi Jawa Timur dengan segera menjadwalkan pelatihan tukang satu minggu kemudian.

Pelatihan tukang pun diselenggarakan di Nongkojajar Pasuruan pada tanggal 9 s/d 16 agustus 2010 yang diikuti oleh 10 peserta masing-masing 7 orang dari KPSP Setia Kawan dan 3 Orang dari KAN Jabung. Menurut Bapak Hariyanto, Manajer KPSP Setia Kawan, `kami sangat kewalahan karena peminat biogas di kalangan anggota koperasi kami sangat banyak dan angka daftar tunggunya tiap hari selalu bertambah. Saat ini di daftar tunggu ada sekitar 270 orang. Padahal kami kami hanya memiliki 9 tukang yang dalam sebulan bisa membangun 27 reaktor biogas. Dengan adanya penambahan 7 tukang ini diharapkan kami bisa membangun 41 reaktor biogas dalam sebulan.` KPSP Setia Kawan memiliki target membangun 225 reaktor biogas sampai dengan Januari 2011. `Mudah-mudahan dengan penambahan tukang ini semakin banyak peminat yang bisa dibangunkan biogas.`

Hingga akhir Agustus 2010, KPSP Setia Kawan telah membangun 141 reaktor biogas yang semuanya telah menyala dan berfungsi baik, sedangkan reaktor yang sedang dalam proses pembangunan berjumlah 32 unit dari total 171 yang telah disetujui untuk segera dibangun. KAN Jabung yang sudah membangun 77 unit, saat ini memiliki 106 orang dalam daftar tunggu mereka. (hbn/mlg)

Share this: