Rabobank dan Hivos Bekerja Sama Mendukung Energi Terbarukan

3 Juli 2010

Rabobank Foundation dan Hivos telah meresmikan kerja sama yang ditujukan untuk memicu proyek-proyek energi terbarukan di negara berkembang. Saat ini ada 50 organisasi mitra Hivos yang aktif dalam sektor ini, sementara Rabobank Foundation akan menyediakan akses terhadap layanan keuangan, terutama kredit mikro. Kerja sama ini akan memungkinkan petani dan wirausaha dengan sumber daya terbatas mendapat akses yang lebih baik terhadap energi yang terbarukan dan berkelanjutan.

Proyek pertama yang dikerjakan bersama adalah pemberian kredit mikro untuk petani-petani yang akan berinvestasi dalam pemasangan unit biogas. Unit-unit ini akan dikonstruksi oleh para mitra Hivos di Indonesia. Pada Mei 2009, Hivos bersama SNV, dan didukung oleh Kedutaan Belanda di Jakarta, telah mengawali proses pembangunan 8.000 unit biogas di Indonesia. Rabobank Foundation memberikan fasilitas kredit yang cukup melimpah, sehingga memudahkan petani-petani kecil mendapatkan dana yang diperlukan untuk konstruksi unit biogas.

Rabobank Foundation didirikan pada 1973 dengan tujuan menyediakan alternatif kerja sama bagi organisasi-organisasi besar di luar Belanda dan menyediakan prospek yang lebih baik bagi kelompok-kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Share this: