Bandung Bersiap Melayani Peminat BIRU

2 Juli 2010

Memulai perluasan wilayah kerja di Jawa Barat, BIRU bersama dengan dua mitra pembangun baru, SAPA Institut dan Wahana Pengembangan Usaha (WPU), mengadakan Pelatihan Tenaga Konstruksi dari tanggal 23-30 Juni 2010 di desa Pulosari, kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat. Dalam pelatihan yang menggabungkan pengetahuan teknis dan praktik tersebut, dibangun satu (1) unit biogas dengan standar kualitas BIRU.

Target utama program BIRU adalah peternak sapi perah di daerah-daerah kantung potensial sapi perah seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Untuk Jawa Barat sendiri, hingga akhir 2012 Program BIRU bersama mitra pembangun SAPA Institut dan WPU memiliki target membangun biogas bagi 193 peternak di Pangalengan, Bandung Selatan.

SAPA Institut dan WPU bergabung dengan program BIRU sejak 1 Juni 2010. Hingga bulan Mei 2010 untuk Jawa Barat baru ada satu mitra pembangun untuk program BIRU, yaitu Khazanah Bahari yang memiliki 14 tenaga konstruksi dan 3 supervisor yang sudah mendapat pelatihan pembangunan sesuai dengan standar kualitas BIRU. Sehubungan dengan meningkatnya sasaran kerja di Jawa Barat maka BIRU memperluas jaringan mitra, dan memberikan pelatihan pembangunan digester seperti yang akan dilakukan bersama-sama SAPA Institut dan WPU tersebut.

Selain bekerja sama dengan mitra pembangun, BIRU juga bekerja sama dengan Technical Education Development Centre (TEDC), Cimahi, untuk membangun modul dan silabus pembangunan biogas yang bisa diadaptasi untuk pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 tenaga konstruksi dan 5 tenaga supervisor dari SAPA dan WPU, dan tujuh orang peserta dari TECD sebagai pemerhati. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Evy Suryatmana, Koordinator Provinsi BIRU di Jawa Barat (0813 942 99627).

Share this: