Malang Siap Bangun Lebih Banyak Biogas

16 Juni 2010

Sebagai bagian dari program Biogas Rumah (BIRU), tanggal 9-16 Juni 2010 kemarin diselenggarakan Pelatihan Tukang dan Supervisor BIRU yang ketiga kalinya. Pelatihan ini dilakukan di koperasi Karangploso, Malang, Jawa Timur. Pelatihan kali ini diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari koperasi Karya Bhakti Kediri, KOP SAE, Koperasi Dau, dan Koperasi Karangploso, Malang. Keempat koperasi tersebut memiliki target membangun 425 biogas untuk para peternak anggota mereka. Selain peserta aktif, kegiatan ini juga dihadiri peserta dari Probolinggo sebagai peninjau kegiatan.

Pembukaan pelatihan tukang dan supervisor ini dilakukan oleh pengurus koperasi Karangploso, Bapak Agung. Pada sambutannya beliau menekankan penggunaan biogas oleh semua anggota koperasi karena biogas dapat membantu memenuhi kebutuhan bahan bakar keluarga dan juga dapat meningkatkan kebersihan kandang.

Materi pelatihan terdiri dari Pengenalan BIRU, Komponen BIRU, Teori dan Praktek Instalasi BIRU, dan Cara Perawatan BIRU. Trainer pelatihan terdiri dari staf Hivos Reni Indarwati, QI BIRU Regional Jawa Timur; Solikin, Supervisor KPSP Setia Kawan, Nongkojajar; dan Agus, Supervisor KPUB Sami Mandiri Kasembon. Secara keseluruhan materi dibagi menjadi 2 tim: kegiatan di dalam ruangan membahas teori–teori biogas rumah dan di luar ruangan untuk praktek lapangan instalasi biogas rumah.

Hari pertama kegiatan diawali dengan materi kontrak belajar dan pre-test, dengan tujuan memperlancar proses pelatihan dan tim dapat mengetahui kemampuan peserta seputar biogas dan pertukangan. Sebagian besar peserta mengetahui tentang biogas tetapi mereka tidak pernah membuatnya. “Saya sering mendengar [tentang] biogas Hivos tetapi saya tidak mengetahui seperti apa biogas tersebut,\” kata Suyoko, calon supervisor dari KOP SAE, Pujon. Materi berikutnya adalah pengenalan Program BIRU yang di bawakan oleh QI BIRU Regional Jawa Timur, Reny Indarwati. Materi diawali dengan pemutaran film BIRU dan dilanjutkan dengan presentasi BIRU. Materi-materi tentang cara membuat instalasi biogas rumah, pengenalan komponen biogas rumah, dan pengecoran lantai digester mengisi sesi berikutnya yang dibawakan oleh Solikin, Supervisor KPSP Setia Kawan, Pasuruan. Materi diakhiri dengan review oleh Wasis Sasmito, Provincial Coordinator.

Hari kedua dan selanjutnya, pelatihan meliputi materi–materi praktek pembuatan instalasi Biogas Rumah; mulai dari pembuatan dinding digester, kubah, turret, manhole, perpipaan, mixer, outlet dan slurry pit. Semuanya di lakukan di luar ruangan, dan materi selalu di-review setiap usai kegiatan dengan tujuan untuk memperkuat daya ingat peserta.

Share this: