Petugas Komunikasi dan Promosi memainkan salah satu peran utama dalam menginisiasi dan mengkoordinasikan penyebarluasan pengetahuan BIRU dalam skala besar untuk mengkontribusi terhadap marketing dan strategi promosional Program. Sebagai bagian dari tim Program BIRU di Jakarta, sang petugas bertanggung jawab untuk aktifitas promosi dan marketing pada tingkat nasional dan menyediakan dukungan untuk Petugas Komunikasi dan Promosi yang bekerja ditingkat propinsi. Bekerja menuju obyektif utama dalam memastikan dan mendukung pengimplementasian dan penginstalasian 8.000 bio-digester di 8 propinsi. Dia juga harus bekejerasama dengan staf Hivos sekaligus dengan para pemangku kepentingan pendukung program (pemerintah, LSM, sektor privat, LKM) dalam mengidentifikasi cara-cara ‘tarik ulur’ dimana program BIRU dapat menjadi berguna, berpengaruh dan mengintegrasikannya ke dalam sektor biogas yang merupakan industri komersil dan berorientasikan pasar sekaligus merencanakan kerjasama dalam aktifitas keseharian para mitranya dalam sebuah lingkungan kompetitif yang menyehatkan.
Tugasnya juga meliputi agar bagaimana untuk menciptakan imej yang positif dan permintaan yang lebih besar akan program BIRU bagi para pengguna dan pemegang saham yang berpotensi, petugas komunikasi dan promosi bertanggung jawab untuk mengintegrasikan inklusi sosial, aspek-aspek pengarusutamaan gender dan tata kepemerintahan yang baik melalui strategi dan rencana promosional dengan menggunakan press rilis dan channel komunikasi yang tepat, termasuk pengembangan situs web biogas dalam koordinai dengan staf Hivos, untuk mempromosikan biogas dengan menyoroti keuntungan dari pendekatan program BIRU (pengontrolan kualitas, dll) dan menarik dari pengalaman positif para pengguna ke mitra, jaringan ekstensi program BIRU dan pemangku kepentingan yang relevan; Melalui partisipasi aktif dalam jaringan sektor internal dan eksternal, petugas komunikasi dan promosi juga harus mengidentifikasikan, menginisiasikan, mengembangkan, menyebarluaskan dan mendukung peralatan promosional, materi ekstensi dan aktifitas marketing dalam memonitor/mengevaluasi/melaporkan keefektifan promosi dan faktor-faktor yang memfasilitasi atau mencegah penerapan teknologi biogas terutama bio-slurry.