Tanggung jawab utama dari Petugas Pengembangan Program sebagai bagian dari tim BIRU di Jakarta akan bertanggung jawab untuk pengimplementasian tepat dan manajemen internal dengan memonitor program BIRU pada tingkat nasional sekaligus propinsi untuk memastikan bahwa para Koordinator Propinsi, konsultan dan aktifitas program berjalan sesuai dengan kerangka acuan, budget, rencana pelaksanaan dan instruksi lainnya yang relevan dimana sang Petugas Pengembangan Program akan membantu. Tugas mereka termasuk menyediakan dukungan ke tim kantor dukungan program biogas nasional dalam arti manajemen dan berhubungan dengan kantor kepropinsian, staf BIRU, klien, network para pemangku kepentingan untuk mendirikan dan memelihara koordinasi yang baik antara para pemangku kepentingan dan donor.
Penilaian kualitas para bio-digester (monitoring/ pengecekan/ mentoring/ training/ kunjungan lapangan) dan supervise pekerjaan para staf program BIRU (survey/ riset/ pembelajaran/ evaluasi) merupakan tanggung jawab utama dari Petugas Perkembangan Program untuk mengidentifikasi dan menilai permasalahan dan mengambil feedback dari klien untuk meresolusikan isu-isu dengan lancar dan cepat. Petugas Perkembangan Program juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan produksi dokumen/budget/output Pengimplementasian Program Propinsi dan memastikan bahwa prosedur pengkoleksian data untuk MIS bio-digester diikuti dengan cepat dan tepat; dan untuk memimpin atau membantu dalam merekrut staf BIRU pada tingkat nasional dan propinsi untuk pekerja terbaik yang dapat berpartisipasi dalam program.