Dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan Pemerintah Desa Wecudai, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dibentuklah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera Desa Wecudai. Keberadaan BUMDes ini berperan dalam pembangunan kemasyarakatan dan pengembangan potensi dan kekayaan di desa yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya melalui berbagai kegiatan ekonomi berbasis masyarakat. Salah satu unit saya yang dimiliki BUMDes Sejahtera adalah Pengolahan Pupuk Organik.

Menurut Bapak Perdi, Kepala desa Wecudai sekaligus penasehat BUMDes, sejak tahun 2000 sampai dengan saat ini, unit usaha Pengolahan Pupuk Organik telah mampu memproduksi Pupuk Kompos Bio-slurry (Ampas Biogas) sekitar 1 sampai 2 ton dalam sekali produksi.

Beliau juga menyatakan bahwa Pupuk Kompos Bio-slurry buatan BUMDes Sejahtera Desa Wecudai telah diaplikasikan pada tanaman jagung miliknya dan hasilnya sangat bagus, tanaman jagung menjadi tahan terhadap cuaca panas yang ekstrem. Selain itu hasil yang sama juga tampak pada tanaman holtikultura lain seperti cabai, buah naga, coklat, dan tembakau.

Uji coba pertama Pupuk Kompos Bio-slurry dilakukan sejak tahun 2016 di Desa Wecudai dan produksi skala besar dimulai pada tahun 2017 melalui BUMDes. Atas usahanya ini, Pemerintah Kabupaten Wajo memberikan penghargaan 10 Besar Inovasi Desa Tingkat Kabupaten Wajo Tahun 2017.

Keberhasilan BUMDes Sejahtera Desa Wecudai dalam menjalankan unit usaha Pengolahan Pupuk Organik didukung oleh para anggotanya  dan pengguna biogas di wilayah setempat dimana terdapat 18 unit reaktor biogas berukuran 6 meter kubik yang terbangun di desa tersebut. (Darmawangsa)