petroenergy.id - Pengenalan, manfaat, dan keuntungan teknologi EBT ( Energi Baru Terbarukan) diselennggarakan oleh Hivos dan Rumah Energi  dalam acara talk show ‘Mengenal Energi Terbarukan’ pada kegiatan BogorYoung Scientist Fair 2017 yang diselenggarakan oleh JungleLand Adventure Theme Park di Sentul, Bogor, pada tanggal 14 Agustus 2017.

Sesuai dengan tema kegiatan Bogor Young Scientist Fair, kampanye EBT disebarluaskan oleh Hivos danRumah Energi dengan misi masa depan yang berbasis pada paradigma energi terbarukan dan konservasi energi di kalangan pelajar sekolah menengah atau anak muda. Pada acara ini, mereka dapat mengetahui tentang berbagai macam hal tentang EBT seperti energi angin, energi air, panasbumi, biomass, energi gelombang laut, biogas dan biogas.

Hivos khususnya, mensosialisasikan akan Program Sumba Iconic yang sedang berlangsung di Pulau Sumba, NTT  (Nusa Tenggara Timur). Sedangkan Rumah Energi, mensosialisasikan program BIRUnya yang menggunakan biogas, mulai dari, cara kera, perawatan dan pemeliharaan instalasi biogas, dan peralatan-peralatan pendukung Seperti kompor, lampu, rice cooker, water heater, mesin pencacah rumput dari energi biogas.

Tidak berhenti di sana, ampas biogas pun juga dapat digunakan sebagai pupuk organik slap pakai, pestisida organik, media budidaya cacing dan jamur, dan lain-lain. Pupuk organik dari ampas biogas saat ini juga sudah dapat dijual, sehingga para pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekitar 73% dari seluruh pengguna BIRU memanfaatkan ampas biogas secara aktif sebagai pupuk lahan pertanian, campuran kompos, dan dijual (Indonesia Domestic Biogas Programme Biogas User Survey December 2016, Hivos). Para pengguna BIRU mendapatkan manfaat berlipat dari keberadaan biogas dan diharapkan bisa menjadi stimulus untuk mengembangkan sektor biogas sesuai dengan misi Rumah Energi.

Dengan menyampaikan pengetahuan tersebut, Hivos dan Rumah Energi berharap bisa menyebarkan semangat penggunaan energi terbarukan kepada para pelajar, sehingga mereka akan berkontribusi untuk mengatasi persoalan terkait energi melalui kreativitas dan inovasi untuk mencapai kedaulatan energi.

Program BIRU merupakan inisiatif dari Hivos dan SNV (Netherlands Development‘ Organization) yang dilaksanakan oleh Hivos dan Rumah Energi, bekerj a sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Program ini memperoleh dukungan dari Pemerintah Belanda, Kedutaan Besar Norwegia, program Energising‘ Development (EnDev), dan MCAI (Millenium Challenge Account Indonesia) dan para mitra 101ml di Indonesia.

Program BIRU adalah bentuk nyata pembangunan sektor energi terbarukan dengan pendekatan yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan sektor berbasis pasar yang akan melayani potensi pengguna biogas yaitu sekitar lebih dari 2 juta rumah tangga peternak di Indonesia. (adi)

(Sumber: http://petroenergy.id/article/hivos-dan-rumah-energi-sosialisasikan-ebt-pada-pelajar)