Bogor, Jawa Barat – Pemenuhan kebutuhan energi bagi masyarakat di Indonesia merupakan tantangan nyata dimana masih sangat bergantung kepada energi fosil yaitu sekitar 93% dan hanya 7% dari energi terbarukan yang baru diaplikasikan. Target bauran energi terbarukan adalah 23% di tahun 2025 dan hal tersebut memerlukan strategi yang tepat dan kebijakan pemerintah yang konsisten.  

Masyarakat sipil dapat membantu pemerintah dengan cara menjadi pionir dalam mempromosikan energi terbarukan.  Generasi muda adalah anggota masyarakat yang sangat tanggap, memiliki semangat, kapasitas, dan spirit membangun negeri terkait dengan pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia.  Generasi muda sebaiknya sering dipaparkan mengenai pengetahuan energi terbarukan dan memiliki pengalaman untuk menggunakan energi tersebut sehingga ke depan dapat menjadi penggagas untuk meningkatkan pemanfaatannya.

Biogas adalah salah satu energi terbarukan yang sangat mudah untuk dipelajari dengan manfaatnya yang sangat besar dan relevan dengan kehidupan masyarakat Indonesia yang agraris.    

Implementasi Program Biogas Rumah (BIRU) di Indonesia telah dilaksanakan di sepuluh provinsi di Indonesia. Saat ini telah mencapai angka lebih dari 20.000 unit reaktor biogas yang telah dibangun dan aktif digunakan oleh para penggunanya.

Sekitar 100.474 orang di Indonesia mendapatkan manfaat dari biogas, antara lain gas untuk memasak dan penerangan, serta ampas biogas (bio-slurry) yang kaya manfaat terutama sebagai pupuk organik.

Pertanian terintegrasi yang berkelanjutan berbasis biogas kini telah banyak membantu para peternak dan petani untuk membantu meningkatkan produktivitas pertanian.

Pengenalan, manfaat,  dan keuntungan teknologi biogas tersebut disampaikan oleh Rumah Energi sebagai pelaksana program BIRU dalam acara talk show ‘Mengenal Energi Terbarukan’ pada kegiatan Bogor Young Scientist Fair 2017 yang diselenggarakan oleh JungleLand Adventure Theme Park di Sentul, Bogor, pada tanggal 14 Agustus 2017.

Sesuai dengan tema kegiatan Bogor Young Scientist Fair, kampanye biogas disebarluaskan oleh Rumah Energi dengan misi masa depan yang berbasis pada paradigma energi terbarukan dan konservasi energi di kalangan pelajar sekolah menengah atau anak muda.

Pada acara ini, mereka dapat mengetahui tentang berbagai macam hal tentang biogas. Misalnya, bahan baku, cara kerja, perawatan dan pemeliharaan instalasi biogas, dan peralatan-peralatan pendukung seperti kompor, lampu, rice cooker, water heater, mesin pencacah rumput dari energi biogas.

Tidak berhenti di sana, ampas biogas pun juga dapat digunakan sebagai pupuk organik siap pakai, pestisida organik, media budidaya cacing dan jamur, dan lain-lain. Pupuk organik dari ampas biogas saat ini juga sudah dapat dijual, sehingga para pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekitar 73% dari seluruh pengguna BIRU memanfaatkan ampas biogas secara aktif sebagai pupuk lahan pertanian, campuran kompos, dan dijual (Indonesia Domestic Biogas Programme Biogas User Survey December 2016, Hivos).

Para pengguna BIRU mendapatkan manfaat berlipat dari keberadaan biogas dan diharapkan bisa menjadi stimulus untuk mengembangkan sektor biogas sesuai dengan misi Rumah Energi.

Dengan menyampaikan pengetahuan tersebut, Rumah Energi berharap bisa menyebarkan semangat penggunaan energi terbarukan kepada para pelajar, sehingga mereka akan    berkontribusi untuk mengatasi persoalan terkait energi melalui kreativitas dan inovasi untuk mencapai kedaulatan energi

Program BIRU merupakan inisiatif dari Hivos dan SNV (Netherlands Development Organization) yang dilaksanakan oleh Hivos dan Rumah Energi, bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Program ini memperoleh dukungan dari Pemerintah Belanda, Kedutaan Besar Norwegia, program Energising Development (EnDev), dan MCAI (Millenium Challenge Account Indonesia) dan para mitra lokal di Indonesia. 

Program BIRU adalah bentuk nyata pembangunan sektor energi terbarukan dengan pendekatan yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan sektor berbasis pasar yang akan melayani potensi pengguna biogas yaitu sekitar lebih dari 2 juta rumah tangga peternak di Indonesia.   

Rumah Energi mengajak semua pihak untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuan tentang BIRU demi Indonesia berdaulat energi. 

Contact Person:
Luh Putu Kusuma Ririen (Communication and Promotion Officer Rumah Energi)
Telp. 081280302020/081298774967
E-mail k.ririen@rumahenergi.org
www.rumahenergi.org
www.biru.or.id

Unduh File di sini