pengetahuanhijau.com, Nusa Tenggara Barat - Seiring dengan berkembangnya pemanfaatan Biogas di Desa Pendua Kec. Kayangan Kabupaten Lombok Utara,  Wakil Bupati Saripudin, S. H bersama rombongan dalam kegiatan road shownya meninjau dan mengevaluasi pemnfaatan biogas (kotoran sapi) yang diterapkan di Desa Pendua Kec. Kayangan Kabupaten Lombok Utara (KLU), Rabu (25/01/2017).

Road show yang di laksanakan di Desa Pendua   merupakan salah satu kegiatan road show yang dilaksankan di Kecamatan Kayangan, dimana Kegiatan yang berlangsung di dusun Sentul Asli Desa Pendua tersebut dalam rangka memonitoring dan mengevaluasi  pemanfaatan biogas  (kotoran sapi) yang dimanfaatkan untuk memasak, penerangan , dan sebagai  pupuk untuk tanaman yang dinamakan pupuk bio-slurry (ampas biogas).

Saat ini Desa pendua di nobatkan sebagai Desa Mandiri Energi dan Pertanian Organik, karena lebih dari 70 % warganya memanfaatkan biogas (kotoran sapi) sebagai bahan bakar biogas, dan limbahnya berupa bioslurry yang dimanfatkan sebagai pupuk organik padat dan cair untuk bertani dan berkebun.

Dalam kunjungan ke Desa Pendua, Wakil Bupati Tioq tata Tunaq, H. Saripudin S.H mengatakan kegiatan road show tersebut untuk meninjau kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat sekaligus sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat. Beliau juga  berharap kepada masyarakat di Desa Pendua untuk terus mengembangkan Biogas tersebut untuk menghemat biaya rumah tangga dan dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Beliu juga sudah menrencanakan untuk membuat program terkait dengan perkembangan biogas di Kabupaten Lombok Utara.

Beliu juga berharap selain pemanfaatan kotoran sapi jadi biogas, nantinya  masyarakat di Desa Pendua jua bisa mengolah sampah untuk dimanfaatkan sebagai biogas. “ ternyata lingkungan disekitar kita bisa di olah untuk dimanfaatkan, ungkap beliu saat kunjungan ke lapangan.

Selain Monev dalam pemanfaatan biogas di Dusun Sentul Asli, Wakil Bupati Saripudin S.H juga melaksanakan Monev perkembangan Kelompok ternak sapi “Pade Kompak” di Dusun Lokok Senggol Desa Pendua, Saat tinjauanya ke kelompok ternak, beliu bertemu dengan Nurapriani selaku  ketua kelompok . dari beberapa kelompok ternak sapi di KLU, Nurapriani merupakan satu-satunya ketua kelompok perempuan dari ketua kelompok lainya di KLU.

Saat bertemu dengan  Wakil Bupati Saripudin, SH, Nurapriani mengeluhklan tempat penjagaan kandang yang kurang bagus. Nurapriani berharap agar Wakil Bupati untuk membangunkan tempat penjagaan kandang agar nantinya penjagaan berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Saripudin, SH berkesempatan untuk membagikan Senter kepada 8 kelompok ternak sapi  yang aktif  yang ada di Desa Pendua. Bantuan senter tersebut di diberikan oleh Kepala Desa Pendua M. Abu Agus Salim Tohiruddin ,sebagai wujud dukungan atas perkembangan kelompok trernak sapi di Desa Pendua .

Kegiatan Road show tersebut di hadiri Wakil Bupati Saripudin, SH bersam rombongan, Kasi Olahraga Kec. Kayangan Murahadi S.Pd, Kepala Desa Pendua M. Abu Agus Salim T., Koordinator Program  Biogas Rumah (Biru) Umar, Bhabinkamtibmas I ketut Gunawan, PPL Desa Pendua Suhaedi Kepala Dusun Sentul Asli, dan Masyarakat sekitar.

(Sumber: http://www.pengetahuanhijau.com/berita/road-show-wakil-bupati-klu-dalam-rangka-monitoring-dan-evaluasi-pengembangkan-biogas-dan)