Biru di Media

Reaktor Biogas Rumah Terbangun Capai 20.000 Unit

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Implementasi Program Biogas Rumah (BIRU) di Indonesia mengalami pertumbuhan sejak diinisasi mulai Mei 2009 hingga Agustus 2017 telah terbangun 20.000 unit reaktor biogas.

Reaktor Biogas Rumah Terbangun Capai 20.000 Unit

Bogor (Antara Megapolitan) - Implementasi Program Biogas Rumah (BIRU) di Indonesia mengalami pertumbuhan sejak diinisasi mulai Mei 2009 hingga Agustus 2017 telah terbangun 20.000 unit reaktor biogas.

Kotoran Hewan dan Upaya 'Membirukan' Kehidupan

Jakarta, CNN Indonesia - Teknologi biogas memang bukan hal baru di Indonesia. Sebagai teknologi terapan yang memanfaatkan kotoran hewan sejauh ini dikenal sebagai salah satu alternatif paling mudah untuk diimplementasikan di masyarakat.

Menangkap Peluang Usaha Berbasis Bio-Slurry

pengetahuanhijau.com - Sejak tahun 2015 Konsorsium HiVOS telah memulai misi untuk meningkatkan kegiatannya di bidang energi terbarukan dan hijauan makanan ternak (HM) berperspektif gender yang diaplikasikan dalam kegiatan untuk mengintensifkan pemanfaatan ampas biogas melalui Program BIRU dan mengembangkan produksi tanaman Lemna sp oleh petani untuk meningkatkan pemanfaatan tanaman tinggi kandungan protein tersebut sebagai pakan ternak dan ikan. Melalui Project GADING, Konsorsium HiVOS telah memberikan dampingan dan beberapa pelatihan terhadap petani baik laki-laki dan perempuan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan pengelolaan bio-slurry, budidaya air tawar dan pengelolaan tanaman Lemna sp. Hal ini juga merupakan bagian dari usaha memperbaiki dan meningkatkan kualitas relasi laki-laki dan perempuan dalam usaha rumah tangga.

Datangkan Uang ke Rumah dengan Bioslurry

pengetahuanhijau.com - “Tahun ini di Lewa panen kami sangat sedikit karena ada serangan hama tikus dan keong mas. Untuk lahan sawah seluas 1 hektar hanya menghasilkan 7 -10 karung saja (1 karung = 100 kilogram) atau setara 700-1000 kilogram. Namun di sawah, saya yang memakai bio-slurry, tidak terkena serangan hama sama sekali sehingga saya bisa panen sampai 40 karung atau 4000 kilogram. Ini semua berkat bio-slurry, selain aman dari hama hasil panenpun jauh lebih banyak dari yang menggunakan pupuk kimia,” demikian disampaikan Bapak Bernardus Missa salah satu pelaku bisnis bio-slurry dari Desa Kambuhapang, Kecamatan Lewa Sumba Timur, saat menjadi pemateri pertama dalam kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bioslurry yang dilaksanakan tanggal 5-6 Juni 2017 di Aula Hotel Elvin Waingapu oleh Yayasan Rumah Energi (YRE).

Warga Dusun Sentul Asli Terima Kunjungan dari Jakarta

pendua-lombokutara.desa.id - Dusun Sentul Asli saat ini tengah mengembangkan tumbuhan lemna sebagai pakan alternatif bahkan menjadi pakan utama dalam membudidayakan ikan. Kesuksesan Dusun Mandiri Energi tersebut membuat banyak warga yang ingin berkunjung, baik warga domestik maupun mancanegara.

  Next ››