Biru di Media

Geliat Membumikan Biogas di Pulau Dewata

Balikini.Net - Geliat pemanfaatan energi biogas sebagai energi alternatif semakin meluas di Pulau Dewata. Geliat tersebut seiring dengan target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk mewujudkan “Green Province”, termasuk memperluas pemanfaatan energi bersih. Geliat untuk membumikan biogas di salah satu daerah tujuan wisata dunia ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk salah satunya dari Yayasan Rumah Energi “BIRU” Bali.

Melirik Peluang Usaha Perikanan Air Tawar Berbasis Lemna

pengetahuanhijau.com - Siang itu Rabu 4 Oktober 2017 sekitar pukul 11.00 waktu setempat, Field Officer BaKTI mengunjungi saung tani Lima Sejahtera yang diketuai Bapak Jhon Lukas Ludji di Kelurahan Mauhau, Sumba Timur. Sekitar 40 peserta nampak sedang bersiap-siap mengikuti kegiatan “Pelatihan Budidaya Ikan dan Bioslurry Lemna” yang dilaksanakan oleh Yayasan Rumah Energi (YRE) dengan dukungan Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia.

Kotoran Sapi, Dulu Dibuang, Kini Disayang

Kompas - Malam baru datang saat api menyambar kaus lampu petromaks. Cahaya kuningnya menerangi kandang sapi milik Apit Zamzam (47), peternak di RW 024 Kampung Padamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kandang berukuran 16 meter persegi diisi delapan sapi perah. Ditemani lenguhan beberapa sapi, api tak henti bekerja.

Eceng Gondok menjadi Biogas

Schwäbischer tagblatt - Energi terbarukan.  Florianus Josopandojo, mahasiswa dari Rottenburg, ingin “sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui” melalui instalasi Biogas Mikro untuk negerinya Indonesia.  Oleh Thomas Schumacher.

Dari Kunjungan Kerja ke Kebijakan

pengetahuanhijau.com - Pagi di tanggal 25 Agustus lalu merupakan jadwal kunjungan kerja Tim Pengendalian Pencemaran Sungai Provinsi NTB ke salah satu lokasi dampingan Hivos-Yayasan Rumah Energi (YRE) di Kabupaten Lombok Tengah. Tepatnya, ke Desa Bare Julat kecamatan Jonggat. Lokasi yang dituju adalah Dusun Loang Sawak. Di dusun tersebut terdapat 50 KK peternak Sapi yang telah mengolah dan memanfaatkan limbah/kotoran hewan menjadi salah satu sumber bahan bakar (biogas) skala keluarga. Beberapa diantara mereka bahkan telah memanfaatkan ampas biogas (Bioslurry) sebagai pupuk baik dalam bentuk cair maupun padat. Lebih jauh dari itu, mereka juga telah menggunakan bioslurry tersebut sebagai media pengembangbiakan lemna yang akan digunakan sebagai pakan ternak khususnya ikan dan bebek.

Reaktor Biogas Rumah Terbangun Capai 20.000 Unit

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Implementasi Program Biogas Rumah (BIRU) di Indonesia mengalami pertumbuhan sejak diinisasi mulai Mei 2009 hingga Agustus 2017 telah terbangun 20.000 unit reaktor biogas.

  Next ››