Biru di Media

Warga Dusun Sentul Asli Terima Kunjungan dari Jakarta

pendua-lombokutara.desa.id - Dusun Sentul Asli saat ini tengah mengembangkan tumbuhan lemna sebagai pakan alternatif bahkan menjadi pakan utama dalam membudidayakan ikan. Kesuksesan Dusun Mandiri Energi tersebut membuat banyak warga yang ingin berkunjung, baik warga domestik maupun mancanegara.

“Emas Hitam” yang Menjanjikan dari Indonesia

news.asiaone.com - “Mohon maaf tempatnya kotor,” ujar istri Suparjono dengan gugup ketika mengetahui saya menggulung celana panjang dan melangkah diantara kandang sapi dan kandang bebek. Merasa malu dengan halaman belakang miliknya dimana kotoran tujuh ekor sapi tertimbun diantara pohon kelapa dan pohon pisang. Ia mencoba menjauhkan kami dari tempat itu dengan menyajikan secangkir teh manis. Namun limbah ternak sapi itulah tepatnya, yaitu produk ampas biogas yang sudah terfermentasi, oleh Suparjono dikatakan sebagai ‘emas hitam’-nya.

Wakaf Biogas di Pondok Pesantren dan Masjid Azzikra Sentul

mui-lplhsda.org - Pondok pesantren dan masjid Azzikra Sentul merupakan proyek percontohan program ecoMasjid yang diluncurkan pada 19 Februari 2016 bersama antara Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Majelis Ulama Indonesia (Lembaga PLH & SDA MUI), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Kesehatan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Indonesia Bergerak Selamatkan Bumi (SIAGABUMI).

Kampung Green Energy Mendapat Kunjungan dari Belanda

pendua-lombokutara.desa.id - Pendua, (SID). Dusun Sentul Asli di Sandang sebagai Kampung Green Energy karena penduduknya menggunakan biogas sebagai sumber energi khusususya untuk kebutuhan memasak. Tidak hanya dalam bentuk biogas, terdapat ampas biogas (bio-slurry) yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan juga sebagai pupuk kembang aiq atau tumbuhan lemna (duckweed). Lemna merupakan sumber pakan ikan yang memiliki kandungan protein tinggi.

Pentingnya Inovasi Dalam Pembangunan

pengetahuanhijau.com, Nusa Tenggara Barat - Salah satu sumber keunggulan kompetitif atau daya saing suatu daerah adalah inovasi. Hal inilah yang terus didorong oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara dengan menekankan arah pembangunan daerah pada penguatan potensi lokal yang menjadi pendukung utama pelaksanaan pembangunan economic-based knowledge.

  Next ››