Loading
Green Competition 2013

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Yayasan Rumah Energi menyelenggarakan Green Competition; sebuah kompetisi menulis feature, photo-story dan campaign-kit design. Kompetisi ini dimulai dari 1 Juni hingga 11 Agustus 2013. Kompetisi ini diperuntukkan utamanya bagi kaum muda dan professional berumur mulai 15 hingga 35 tahun. Melalui kompetisi ini, kami berharap bisa menyediakan media bagi kaum muda untuk menyuarakan dan mengekspresikan pendapatnya mengenai pemanfaatan energi bersih dan terbarukan di lingkungan sekitar mereka.
Tema besar yang diangkat dalam kompetisi ini adalah: Energi Bersih dan berkelanjutan: aksi lokal untuk dampak global.

Terdapat tiga sub-tema yang diangkat;

  1. Green energy; tentang pemanfaatan energi bersih dan berkelanjutan sebagai sumber energi si skala Rumah tangga. Peserta diharapkan dapat memaparkan baik dalam bentuk tulisan maupun foto, dampak yang dirasakan oleh keluarga pengguna energi tersebut.
  2. Green micro financing: tentang akses dan proses pembiayaan mikro dari para menyedia pembiayaan (bank, Koperasi, atau lembaga pembiayaan lain) untuk penyediaan energi bagi Rumah tangga. Misalnya Koperasi susu di Jawa menyediakan kredit tanpa bunga kepada para anggotanya untuk pengadaan reaktor biogas Rumah.
  3. Green productivity, tentang dampak ekonomi pemanfaatan energi bersih dan terbarukan bagi masyarakat pedesaan. Dampak ekonomi yang dimaksud tidak sebatas penghematan uang untuk pembelian bahan bakar sehari-hari namun juga penghasilan yang didapatkan dari kegiatan produktif lainnya. Titik beratnya adalah perbaikan kesejahteraan Misalnya: dari penjualan krupuk yang dimasak menggunakan biogas, penjualan pupuk organik ampas biogas, dll.


Terdapat tiga kategori dalam kompetisi ini. Berikut adalah penjelasannya:

1.    Feature Writing

Feature writing yang dimaksud di kompetisi ini adalah tulisan atau artikel, dan bukan naskah akademis atau karya tulis.

Secara umum, yang dimaksud dengan cerita feature adalah artikel yang kreatif, kadang-kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan atau aspek kehidupan”

Berbeda dari penulisan berita biasa, penulisan feature memungkinkan reporter ”menciptakan” sebuah cerita. Meskipun masih diikat etika bahwa tulisan harus akurat — karangan fiktif dan khayalan tidak boleh — reporter bisa mencari feature dalam pikirannya, kemudian setelah mengadakan penelitian terhadap gagasannya itu, ia menulis.

Tulisan feature memberikan penekanan yang lebih besar pada fakta-fakta yang penting — fakta-fakta yang mungkin merangsang emosi (menghibur, memunculkan empati, disamping tetap tidak meninggalkan unsur infor-matifnya). Karena penakanan itu, tulisan feature sering disebut kisah human interest atau kisah yang berwarna (colourful).

Sumber: Menulis feature oleh Farid Gaban.

Berikut adalah beberapa tips dalam menulis feature yang menarik:
•    - Buatlah alur naratif untuk tulisan Anda dari awal – tengah, hingga akhir tulisan.
•    - Masukkan kutipan langsung dari orang yang kisahnya Anda tulis
•    - Masukkan nama dan lokasi tempat orang tersebut tinggal
•    - Kaitkan dampak pemanfaatan energi bersih berkelanjutan di tinggat rumah tangga dengan lingkungan sekitar yang lebih luas

Hadiah untuk kategori feature writing:
Juara 1: Rp 4.000.000,-
Juara 2: Rp 3.000.000,-
Juara 3: Rp 2.000.000,-

2.   Photo Story

Photo story/picture story adalah serangkaian foto yang bercerita tentang seseorang, tempat atau situasi dimana energi bersih terbarukan dimanfaatkan. Misalnya cerita tentang kehidupan seorang peternak sapi perah yang menggunakan biogas sebagai bahan bakar memasak di rumahnya setiap hari.

Untuk kategor ini, peserta wajib mengirimkan minimal tiga (3) foto yang masing-masing disertai oleh captions. Ketiga foto ini akan dihitung sebagai satu (1) entry.
Meskipun terdiri dari beberapa foto, tapi rangkaian photo story memiliki benang merah yang mengkaitkan antara satu foto dengan yang lainnya. Mengkaitkan foto bisa melalui subjek foto yang sama, gaya foto atau warna, komposisi, tempat dan topik yang sama.

Lima langkah membuat photo story/essay:

  1. Tentukan topik misalnya cerita kegiatan seseorang selama sehari, atau esai tentang lingkungan hidup yang tercemar
  2. Riset – Cari informasi tentang topik yang dipilih
  3. Rencanakan foto-foto yang akan diambil (pemandangan, karakter/portrait, seni budaya, dll)
  4. Membuat foto di lokasi dan waktu yang telah direncanakan. Biasanya langkah ini yang paling banyak memakan waktu
  5. Editing dan pemilihan foto
  6. Tata letak/layout foto yang dipilih. Semakin penting fotonya semakin besar ukurannya relatif dengan foto yang lain

Sumber informasi: www.infofotografi.com

Hadiah untuk kategori photo story:
Juara 1: Rp 5.000.000,-
Juara 2: Rp 4.000.000,-
Juara 3: Rp 3.000.000,-

3. Campaign-kit design

Dalam kategori campaign-kit, peserta diharapkan mendesain beberapa alat kampanye "Give people power."

Apa arti “Give people power”

Kata “power” dalam kampanye “Give people power” sendiri memiliki beberapa arti:
Power dapat berarti bahan bakar; energi, tenaga. Artinya, kami ingin memberikan bahan bakar, tenaga, energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan kepada masyarakat.
Power dapat diartikan kekuatan, daya. Artinya, dengan memiliki energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan tersebut, masyarakat akan lebih berdaya, akan lebih mandiri dan tidak bergantung kepada pihak luar terkait penyediaan energi untuk kebutuhan sehari-hari.
Power juga berarti kapasitas, kemampuan, dan kontrol. Artinya, dengan memiliki akses terhadap energi murah dan berkelanjutan tersebut maka masyarakat bisa mengontrol kondisi keuangan keluarga dengan lebih baik.

Campaign-kit terdiri dari tiga alat kampanye yang terdiri dari dua alat kampanye wajib dan satu alat kampanye pilihan. Untuk keterangan lebih detail, lihat creative brief di bawah ini.

Hadiah untuk kategori campaign-kit design:
Juara 1: Rp 7.500.000,-
Juara 2: Rp 6.000.000,-
Juara 3: Rp 4.500.000,-

Syarat dan Ketentuan Umum

Ketentuan umum:

  1. Peserta harus merupakan WNI yang berusia 15-24 tahun (feature writing) atau maksimal 35 tahun (campaign-kit design).
  2. Peserta diwajibkan mem-follow akun Twitter Biogas Rumah (@biruidbp) dan Pamflet (@_pamflet)
  3. Peserta diwajibkan me-like halaman Facebook Biogas Rumah dan Pamflet
  4. Karya harus sesuai dengan tema Green Competition 2013, yakni “Clean and Sustainable Energy for Indonesia: Local Act for Global Impact”
  5. Karya harus membahas salah satu dari subtema berikut ini: Green Energy, Green Micro-Financing, dan Green Productivity
  6. Karya harus orisinil dan tidak memiliki unsur plagiarisme, tidak mengandung unsur SARA dan pronografi.
  7. Karya yang dikirimkan merupakan karya yang belum pernah dipublikasikan dan/atau memenangkan kompetisi lainnya sebelumnya
  8. Pengiriman karya harus disertakan dengan formulir peserta kompetisi (yang dapat diunduh di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) dan hasil scan kartu identitas diri. Karya, formulir peserta kompetisi, dan hasil scan kartu identitas diri wajib dikirim melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
  9. Karya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (feature writing, keterangan foto pada photostory )
  10. Peserta diperbolehkan untuk mengirim maksimal tiga (3) karya untuk setiap kategori kompetisi.
  11. Batas akhir penyerahan karya adalah tanggal 11 Agustus 2013 pukul 23.59 WIB
  12. Pengumuman dan daftar pemenang akan ditampilkan di website Biogas Rumah (www.biru.or.id) pada tanggal 17 Agustus 2013 Para pemenang akan dihubungi oleh panitia melalui telepon
  13. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu gugat.

A.    Feature Writing

  1. Karya yang dikirimkan bukan merupakan essay atau naskah akademis. Karya yang dikirimkan harus berupa feature. Keterangan mengenai feature bisa dilihat di bagian atas.
  2. Feature harus terdiri dari minimal 700 kata, dan maksimal 1,000 kata.
  3. Tulisan Feature memiliki judul yang jelas yang merefleksikan isi tulisan.
  4. Karya harus diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc), dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)

B.    Photo Story

  1. Foto yang dikirimkan minimal tiga foto serta dilengkapi oleh keterangan foto untuk masing-masing foto.
  2. Foto harus memiliki subyek atau orang yang terlibat dalam pemanfaatan energi bersih terbarukan. Foto yang hanya memperlihatkan benda mati tidak akan dipertimbangkan.
  3. Foto disimpan dalam bentuk file digital dengan ketentuan sebagai berikut: panjang dan lebar minimal 1024 pixels, resolusi 500 DPI, dan disimpan dalam format JPG/JPEG pada skala 12 (High Quality)
  4. Peserta wajib menuliskan judul dan narasi mengenai foto mereka pada selembar kertas A4. Narasi foto harus mencantumkan nama lokasi (desa, kecamatan, kabupaten, provinsi), nama orang yang difoto (jika ada) beserta umur, dan keterangan mengenai foto yang diambil. Keterangan foto diketik dan disimpan dalam format Microsoft Word (.doc) dengan ketentuan penulisan sebagai berikut: (Times New Roman, 12 pt, spasi 1.5)
  5. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, level, dogde / burn dan saturasi warna) tanpa mengubah keaslian objek foto. Tidak diperkenankan mengirimkan foto berupa kombinasi / hasil olahan dari beberapa file (montase).
  6. Tidak diperbolehkan mencantumkan nama/judul atau tulisan, grafis atau penanda apapun yang nampak dalam foto. Data peserta dicantumkan dengan jelas di formulir pendaftaran.
  7. Peserta wajib mengirimkan hasil cetak foto (ukuran 4R), judul dan narasi foto, CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW (yang berisi file digital foto beserta judul dan narasinya), formulir peserta kompetisi, dan fotokopi kartu identitas diri ke alamat berikut ini: Yayasan Rumah Energi , Jalan Kemang Selatan XII no. 12, Jakarta 12560

C.    Campaign-kit Design

  1. Karya desain harus sesuai dengan creative brief Campaign-kit design. (Lihat halaman berikutnya)
  2. Karya harus mencantumkan spesifikasi bahan bagi produk kampanye yang diusulkan. Usulan bahan yang ramah lingkungan lebih disukai.
  3. Karya dalam soft-copy dikirimkan dalam bentuk PDF high-resolution dan replika karya (hard-copy) dikirimkan ke:

Yayasan Rumah Energi (Green Competition 2013)
Jalan Kemang Selatan XII no. 12, Jakarta 12560.

Jika Anda terpilih menjadi finalis, maka Anda diminta untuk mengirimkan file dalam bentuk final artwork.
Jika anda mendesain untuk kaos, mug, dan barang tiga dimensi lainnya, maka cukup kirimkan print-out di atas kertas yang menggambarkan secara jelas tampilah barang tersebut jika kelak diproduksi.

Creative brief

Campaign-kit design “Give people power”

Latar belakang dan tujuan kampanye

Energi merupakan sumber pembangunan yang tak terpisahkan. Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia tidak memiliki akses ke bentuk energi yang murah, nyaman dan dapat diandalkan.
Yayasan Rumah Energi – sebuah lembaga pembangunan lokal yang berkomitmen untuk mendorong pemanfaatan energi bersih dan terbarukan di Indonesia – menggagas sebuah kampanye bertemakan “Give people power”. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong perbaikan kondisi finansial dan sosial masyarakat Indonesia yang termajinalkan dengan mempromosikan pemanfaatan energi baru terbarukan terutama di pedesaan. Tujuan lain kampanye adalah untuk mendorong munculnya kemitraan yang sinergi dan terintegrasi antara sektor swasta dan publik di bidang energi sehingga dampak program bisa dirasakan oleh lebih banyak orang di lebih banyak lokasi.

Arti kampanye “Give people power”

Kata “power” dalam kampanye “Give people power” sendiri memiliki beberapa arti:
Power dapat berarti bahan bakar; energi, tenaga. Artinya, kami ingin memberikan bahan bakar, tenaga, energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan kepada masyarakat.
Power dapat diartikan kekuatan, daya. Artinya, dengan memiliki energi yang bersih, murah, dan berkelanjutan tersebut, masyarakat akan lebih berdaya, akan lebih mandiri dan tidak bergantung kepada pihak luar terkait penyediaan energi untuk kebutuhan sehari-hari.
Power juga berarti kapasitas, kemampuan, dan kontrol. Artinya, dengan memiliki akses terhadap energi murah dan berkelanjutan tersebut maka masyarakat bisa mengontrol kondisi keuangan keluarga dengan lebih baik.

Target Audience

Target audiens untuk kampanye ini ada dua, yaitu;
-    public secara general – berumur di atas 18 tahun yang memiliki minat dan keprihatinan terhadap isu energi dan lingkungan.
-    para professional yang terlibat dalam insttitusi atau organisasi pembangunan – baik dari sektor swasta maupun publik.

Persyaratan desain:

Campaign-kit terdiri dari tiga alat kampanye yang terdiri dari dua alat kampanye wajib dan satu alat kampanye pilihan.
Persyaratan wajib: mengandung warna hijau: C35 M0 Y100 K12
Desain wajib (dua item)
1.    Logo untuk kampanye “Give people power”. Logo harus berupa icon dan tagline ‘Give people power’. Pilihan font bebas. Icon yang dipakai tidak boleh mengandung unsur SARA, pornography dan unsur lain yang sensitif.  Logo dibuat dua versi untuk pemakaian vertical dan horizontal.
2.    Aplikasi logo ke dalam web banner.
Desain bebas (pilih salah satu)
-    Satu desain poster yang menggambarkan substansi di belakang kampanye ‘give people power’. Gunakan imajinasi Anda seliar mungkin namun tetap tidak mengandung unsur SARA dan pornography. Gambaran pada poster bisa menggambarkan efek negative maupun positif akan pemanfaatan energi non-terbarukan serta dampaknya terhadap lingkungan, msyarakat miskin terutama permpuan dan anak-anak.
-    Satu desain alat kampanye lain (bentuk bebas tidak ditentukan). Alat kampanye bisa berupa namun tidak terbatas pada: stiker, mug, poster, kaos, dll.

Pertimbangan kreatif:

Gunakan ilustrasi yang merefleksikan masyarakat Indonesia pada umumnya terutama merka yang tinggal di pedsaan; tidak berbau SARA atau pornography.
Penekanan terhadap dampak pemanfaatan energi terbarukan terhadap keluarga di pedesaan, terutama perempuan dan anak-anak.
Merefleksikan keuntungan ekonomi yang bisa didapatkan dengan menggunakan energi bersih dan terbarukan.

Download Campaign-kit-design
Download Formulir Pendaftaran

Pertanyaan dan pengiriman karya:

kompetisi@rumahenergi.org

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS


Haruskah hasil karya mengenai energi?

Ya, harus mengenai energi, tepatnya energi terbarukan. Definisi energi terbarukan secara sederhana adalah sumber energi ramah lingkungan yang tidak mencemari lingkungan dan tidak memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global seperti pada sumber-sumber tradisional lain dan merupakan energi berkelanjutan, karena senantiasa tersedia di alam dalam waktu yang relatif sangat panjang sehingga tidak perlu khawatir atau antisipasi akan kehabisan sumbernya.

Apa saja yang termasuk dengan energi terbarukan itu?

Beberapa sumber energi terbaharui antara lain energi panas bumi, energi surya, energi angin, tenaga udara, bio-massa, bahan bakar bio-cair, solid biogas, dan biogas. Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan klik tautan ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Energi_terbaharui 

Apakah ada batasan usia?

Ada. Untuk kategori lomba Feature Writing dan Photo Story, yang disasar adalah kaum muda berumur 15 sampai 24 tahun, sedangkan untuk Campaign-kit Design rentang usia peserta kompetensi antara 15 sampai 35 tahun.

Boleh menulis hal lain selain energi namun masih terkait dengan lingkungan?
Tidak. Kompetisi ini adalah khusus untuk mengangkat aplikasi energi terbarukan di Indonesia. Dalam aplikasinya, energi terbarukan pasti memberi dampak pada lingkungan. Hal tersebut boleh diangkat ke dalam hasil karya, namun fokus utamanya tetap energi terbarukannya dan dampaknya terhadap rumah tangga, bukan lingkungan atau hal lain.

Berapa kategori yang bisa kami ikuti dalam kompetisi ini?

Anda bisa mengikuti satu atau bahkan semua kategori lomba (Feature Writing, Photo Story, dan Campaign-kit Design). Satu peserta bisa mengirimkan maksimal maksimal 3 karya untuk setiap kategori. Sebagai persyaratan administratif, satu formulir adalah untuk satu hasil karya. Pastikan Anda mengisi dan mengirimkan formulir untuk masing-masing karya yang dikirimkan. Jadi, tiga karya berarti tiga formulir.

Apakah bisa mengirimkan hasil karya untuk lebih dari satu tema khusus?
Bisa. Sekali lagi, satu peserta bisa mengirimkan maksimal 3 karya untuk setiap kategori lomba, dengan tema khusus yang sama atau berbeda-beda.

Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai kegiatan energi baru terbarukan di Indonesia?
Di Indonesia, sudah banyak program terkait pemanfaatan energi terbarukan yang digagas dan dilaksanakan oleh banyak pihak. Beberapa program terkait energi terbarukan yang saat ini sedang berjalan diantaranya adalah program Biogas Rumah (BIRU) yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Energi bersama para mitranya dan Program Pulau Sumba: 100% Energi Terbarukan oleh Hivos, sebuah lembaga pembangunan asal Belanda.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.biru.or.id.

Apakah harus mendaftar atau bisa langsung mengirimkan naskah?
Semua peserta yang ingin hasil karyanya diikutsertakan dalam kompetisi ini harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa diunduh di website BIRU. Hasil karya Feature Writing harus dikirim dalam bentuk softcopy melalui e-mail ke kompetisi@rumahenergi.org
Sedangkan untuk Photo Story dan Campaign-kit Design, hasil karya harus dikirim via pos ke alamat berikut ini:
Yayasan Rumah Energi
Jalan Kemang Selatan XII no. 12
Jakarta 12560
Telp: +62 21 788 430 34
Fax: +62 21 788 430 35

Bolehkah pembuat karya lebih dari satu orang?

Kami tidak melarang adanya kerjasama dalam melahirkan sebuah karya. Namun, mohon diingat bahwa hanya akan ada satu nama yang diakui dalam satu karya, dan satu nama yang akan dituliskan sebagai pemenang dan penerima hadiah uang tunai. Jika Anda bekerja sama dengan orang lain, pastikan telah ada kesepakatan mengenai pengakuan dan penerimaan hadiah. Pihak panitia tidak memiliki tanggung jawab atas urusan internal peserta.

Pada hasil karya tulisan, foto, ataupun desain, bisakah peserta menjadi tokoh di dalamnya?
Hal yang wajib dalam kompetisi ini adalah hasil karya tulisan, foto, ataupun desain harus terkait dengan tema besar, yaitu energi terbarukan. Jadi, jika peserta adalah orang yang memanfaatkan atau merasakan manfaat dari energi terbarukan, maka Anda dipersilahkan untuk mengekspresikannya melalui hasil karya Anda.

Hasil karya haruskah berdasarkan kisah nyata?

YA. Harus berdasarkan program, peristiwa, maupun kegiatan yang benar-benar dilakukan dan terjadi dalam konteks masyarakat Indonesia.

Apabila tidak menang, apakah hasil karya boleh dikirimkan kepada pihak lain?
Jika hasil karya tidak menang, hak terhadap hasil karya tersebut ada pada peserta.

Copyright ©2011 BIRU Programme. All Rights Reserved.