Kisah Sukses

Peternak Ayam di Jawa Tengah Bantu Indonesia Raih Target Energi Terbarukan

Saat orang berpikir tentang biogas, mereka menganggap kotoran sapi adalah sumber utama bahan bakar untuk menghasilkan biogas dan ampas biogas (bio-slurry).  Namun, kotoran ayam dapat juga menjadi sumber alternatif produksi gas, yang juga menghasilkan produksi biogas dan bio-slurry berkualitas.

Eceng Gondok sebagai Penghasil Energi melalui Biogas

Terletak di jantung wilayah Jawa Tengah kurang lebih 38 kilometer dari kota Semarang dan berada di lereng Gunung Ungaran, Kendalisodo, dan Telomoyo terdapat Danau Rawa Pening yang menakjubkan.  Danau ini terletak di Cekungan Vulkanik Ambarawa antara Ambarawa dan Salatiga, yang melingkupi area seluas 25 hingga 26,7 km2. Sebagai sumber perikanan dan irigasi untuk lahan pertanian di sekitarnya, danau ini juga memiliki fungsi penting sebagai pengendali banjir dan pembangkit listrik tenaga air untuk PLTA yang terletak tidak jauh dari situ.

Burung Puyuh yang Membawa Keuntungan Besar

Minggu lalu saya berkesempatan untuk bertemu dengan Pak Suyanto yang tinggal di Desa Borongan, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.  Pak Suyanto adalah pengguna biogas dengan kisah yang sukses berawal dari keputusannya untuk menggunakan biogas 10 bulan yang lalu.  Saat saya pertama kali mendengar bahwa kami akan mengunjungi seorang pengguna biogas yang mengoperasikan reaktor biogas dengan bahan baku kotoran puyuh, saya berpikir bagaimana ia dapat mengumpulkan cukup kotoran untuk menghasilkan biogas bagi rumah tangganya?

BUMDes Berhasil Mengolah Pupuk Berbasis Bio-slurry

Dalam rangka meningkatkan kemampuan keuangan Pemerintah Desa Wecudai, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dibentuklah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera Desa Wecudai.

  Next ››