BIOMIRU Daur Ulang Sampahmu, Sediakan Sendiri Energimu!

24 Januari 2020

Penarikan subsidi LPG 3 kg telah diputuskan oleh Pemerintah menimbulkan pro dan kontra. Nyatanya, target subsidi tersebut dianggap tidak tepat sasaran dikarenakan tak hanya masyarakat miskin yang menikmatinya. Dikutip dari cnbcindonesia.com, Kementerian ESDM menilai sulit untuk menyalurkan LPG 3 Kg dengan tepat sasaran sesuai dengan UU,Walaupun telah dilakukan upaya sanksi kepada retail yang menjual kepada masyarakat umum oleh Kementerian ESDM,namun, semua itu sulit. Oleh karena itu, diharapkan untuk implementasi subsidi LPG 3kg secara tertutup seperti halnya subsidi listrik.

Hal ini merupakan panggilan bagi masyarakat untuk lebih mengerti mengenai pentingnya akses energi bersih. Salah satu solusi yang Rumah Energi tawarkan dengan rumitnya isu penarikan subsidi LPG 3kg ini, salah satunya adalah dengan Biogas Mini Rumah (BIOMIRU). Mari berkenalan dengan BIOMIRU alias Biogas Mini Rumahan!

Kementerian Lingkungan Hidup mencatat pada tahun 2019 volume sampah yang dihasilkan penduduk Indonesia mencapai 67 juta ton. 60% dari sampah yang dihasilkan merupakan sampah organik yang tak hanya menyumbat saluran air, namun juga melepaskan gas emisi yang menyumbang pada pemanasan global. Dengan ini, Rumah Energi melihat potensi dalam menggunakan limbah organik tersebut menjadi sumber energi di rumahmu. Perkenalkan BIOMIRU, sebagai sebuah sistem pengolahan sampah organik rumah tangga menjadi biogas. BIOMIRU inilah solusi terbaik yang diberikan Rumah Energi untuk masyarakat tidak bergantung pada LPG.

Tak perlu khawatir dengan lahn rumahmu yang tidak besar, BIOMIRU hanya membutuhkan lahan seluas 2,5 m2 hingga 3 m2, sehingga sangat cocok untuk lingkungan perumahan perkotaan. Dengan memanfaatkan profile tank atau tendon air berbahan fiber sebagai digester dan pipa pvc sebagai tampungan gas, maka pengguna BIOMIRU tidak perlu lagi membeli gas LPG seumur hidup.

Sebuah instalasi BIOMIRU dengan kapasitas digester 600l, dapat menghasilkan biogas untuk memasak selama 1-3jam/hari. Bagaimana cara mendaur ulang limbah organikmu dan mengembalikannya lagi ke dapur dalam bentuk biogas?

Caranya sangat mudah, cukup dengan memilah limbah organik rumah tangga seperti sisa makanan, sayuran, dan buah-buahan yang sudah tidak layak dikonsumsi dan memasukannya ke dalam digester. Namun, pada tahap awal pemakaian guna mempercepat proses pembentukan biogas di dalam digester, diperlukan limbah kotoran sapi sebagai pemacu. Selanjutnya, pengguna cukup mengulang proses feeding atau memasukkan limbah  organik ke dalam digester secara rutin setiap hari.

Instalasi BIOMIRU terbilang murah dan ekonomis dengan hasil maksimal. Berikut daftar harga pembuatan:

  1. 650Lt : 4.500.000
  2. 1000Lt : 6.500.000
  3. 2000Lt : 8.500.000

Jika ingin menginstalasi BIOMIRU, silahkan menghubungi mitra pembangun kami atau Construction Partner Organization (CPO) Pembangun Biomiru yang sudah tersertifikasi, sesuai dengan daerah masing-masing:

  • Jabodetabek : (CP: Wahyudi 085959868789)
  • Jawa Tengah : Mitra Sarana Energi (CP: Suyono 087839841973)
  • I. Yogyakarta : Rumah Ilham (CP: Paulo 081290744118)
  • Lampung : Regol Mason Group (CP: Irpan 085383030501)
  • NTB : Sangkareang mason Group (CP: Sophan Sofyan 081805777811)

Dengan memiliki Biomiru, pengguna tidak hanya mendapatkan gas gratis seumur hidup, namun juga turut berkontribusi mengurangi produksi limbah. Biomiru, daur ulang sampahmu, sediakan sendiri energimu!

Share this: